Thursday, September 29, 2011

Merawat Kulit Kering

Pada cuaca yang tak menentu sekarang ini berdampak pada kesehatan kulit. Cuaca yang panas menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembapan yang ada pada kulit. Sehingga perlu perawatan khusus agar kulit tetap sehat dan lembut sepanjang hari. Umumnya hal ini berdampak pada iritasi yang terjadi pada kulit.

Ada juga penyebab kulit kering diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan, pola makan yang buruk, dan kekurangan nutrisi bagi kulit. Tapi sekarang telah ada banyak produk pelembab kulit yang berada di pasaran sehingga tidak perlu kawatir lagi akan kekeringan pada kulit.

Akan tetapi anda harus teliti dalam memilih produk pelembab bagi kulit anda. Sebab sensitifitas kulit manusia berbeda-beda. Usahakan pilihlah produk pelembab yang cocok bagi kulit anda, dalam arti produk tersebut sesuai kebutuhan kelembapan kulit anda dan tidak terjadi iritasi atau gatal-gatal pada kulit anda tersebut. Hal ini perlu diperhatikan sebab kulit merupakan bagian tubuh yang penting dalam melindungi organ-organ dalam tubuh atau termasuk tampilan anda.

Nutrisi juga perlu diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kulit anda. Dalam hal ini termasuk dalam konsumsi makan keseharian anda. Biasakan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi bagi kulit anda. Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda bisa memadukan keduanya dengan dijadikan soup atau jus yang dapat anda konsumsi dengan mudah. Biasanya vitamin yang diperlukan oleh kulit yaitu antara vitamin A dan B. Vitamin lainnya juga perlu bagi kulit anda.

Penyebab kekeringan juga berhubungan dengan faktor lingkungan. Seperti paparan sinar matahari, udara, radikal bebas dan lain sebagainya. Anda perlu perawatan lotion yang dapat membantu kulit anda menghindari dari faktor lingkungan tersebut. Anda bisa kenakan baby oil setelah selesai mandi agar kelembaban kulit anda tetap terjaga. Hindari menggunakan sabun yang kadar alkalinnya tinggi. Untuk tetap menjaga kelembaban kulit sebaiknya anda lakukan masker khusus untuk kulit kering seminggu sekali. Tetapi jangan sampai terkena area mata, dimana garis-garis halus paling cepat muncul. Selamat mencoba.

0 comments: