Friday, November 18, 2011

Berani Berhutang ?

Islam selalu mengajarkan ummatnya agar hidup sederhana. Bahkan Islam juga mengajarkan sodaqoh untuk membantu sesama ummat. Meski tidak ada larangan, namun Muhammad tidak menganjurkan ummatnya untuk berhutang. Bahkan Muhammad selalu berdoa agar dijauhkan dari hutang. Dalam beberapa ayat, Qur’an juga menasehatkan agar ummat muslim hidup sederhana. Allah Swt berfirman :


“Dan jangan kamu berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang berlebih-lebihan.” (al-An’am: 141).


“Jangan kamu boros, karena sesungguhnya orang yang boros adalah kawan syaitan.” (al-Isra’: 26-27)


Dengan hidup secara sederhana maka seorang muslim tidak lagi perlu berhutang. Nabi sendiri tidak suka seorang muslim membiasakan berhutang. Sebab hutang dalam pandangan seorang muslim yang baik, adalah merupakan kesusahan di malam hari dan suatu penghinaan di siang hari. Justru itu Nabi selalu minta perlindungan kepada Allah dari berhutang.


Doa Nabi itu sebagai berikut:


“Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadamu dari terlanda hutang dan dalam kekuasaan orang lain.” (RiwayatAbu Daud)


Dalam beberapa kesempatan Nabi juga bersabda :”Aku berlindung diri kepada Allah dari kekufuran dan hutang. Kemudian ada seorang laki-laki bertanya: Apakah engkau menyamakan kufur dengan hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Ya!” (Riwayat Nasa’i dan Hakim)


Dan kebanyakan doa yang dibaca di dalam sembahyangnya ialah:”Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadaMu dari berbuat dosa dan hutang. Kemudian ia ditanya: Mengapa Engkau banyak minta perlindungan dari hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Karena seseorang kalau berhutang, apabila berbicara berdusta dan apabila berjanji menyalahi.” (Riwayat Bukhari).


Ia menjelaskan, bahwa dalam hutang itu ada suatu bahaya besar terhadap budipekerti seseorang. Beliau tidak mau menyembahyangi janazah, apabila diketahui bahwa waktu meninggalnya itu dia masih mempunyai tanggungan hutang padahal dia tidak dapat melunasinya, sebagai usaha untuk menakut-nakuti orang lain dari akibat hutang. Sehingga apabila dia mendapat ghanimah, maka beliau sendiri yang menyelesaikan hutangnya itu. Dan sabdanya: “Akan diampuni orang yang mati syahid semua dosanya melainkan hutang.” (Riwayat Muslim).


Nah.. siapkah anda berhutang ?


0 comments: