Thursday, November 17, 2011

Qurban di Al Qodir Libatkan Non Muslim

 Ibadah penyembelihan hewan kurban di Yogyakarta ini tidak hanya melibatkan umat Islam. Sejumlah umat agama lain juga turut berperan, sebagai wujud upaya mempererat persaudaraan.

Hari Selasa siang, Pondok Pesantren Al Qodir di Cangkringan, Yogyakarta menyembelih 200 ekor kambing. Hewan kurban itu merupakan sumbangan masyarakat Muslim Singapura. Seluruh daging hewan kurban akan dibagikan untuk korban bencana letusan Merapi, yang tinggal di hunian sementara tak jauh dari lokasi pondok pesantren.


Kegiatan yang melibatkan umat agama lain, baik itu Kristiani, Hindu maupun Budha untuk berpartisipasi dalam acara tersebut, menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Qodir, KH Masrur Ahmad MZ, merupakan upaya menjalin kebersamaan antar umat beragama. “Melibatkan lintas agama adalah (perwujudan) bentuk kebersamaan. Salah satu tujuan dari kurban adalah bagaimana kita jadi bersaudara antara yang mampu berkurban dengan yang tidak mampu berkurban,” ujar Kyai Masrur.


KH Masrur Ahmad MZ mengatakan, salah satu tujuan penyembelihan hewan kurban adalah membagikan daging dari mereka yang berkurban kepada yang tidak. Dalam kerangka persaudaraan antar umat beragama sebagai sesama manusia, daging hewan kurban juga diberikan kepada mereka yang beragama selain Islam.


Pastor Paroki Gereja Babadan Yogyakarta, Romo Robertus Tri Widodo Pr, menyambut baik kebersamaan antar umat beragama dalam prosesi penyembelihan hewan kurban kali ini. Bagi umat Kristiani, keikutsertaan semacam ini adalah bentuk pelayanan kemanusiaan yang tidak mengenal perbedaan suku maupun agama.
Untuk melakukan penyembelihan 200 ekor kiambing kurban, panitia telah menyiapkan tenda ukuran cukup besar di lapangan Jabalkat. Para calon penyembelih juga sudah disiapkan yang sebagian berasal dari Ponpes Al Qodir dan sebagian dari masyarakat Wukirsari.


Setelah hewan kurban disembelih dan dagingnya dipotong-potong, nantinya daging kurban itu akan dibagikan pada masarakat. Setidaknya 6000 kepala keluarga di lereng Merapi akan medapatkn daging kurban tersebut. Perinciannya , 2.000 kepala?keluarga di Kecamatan Turi, 2.000 KK di kecamatan Pekem dan 2.000 KK di kecamatan Cangkringan.


(voa/alqodir)


0 comments: